MEDIA PEMBELAJARAN INTEGRATED CIRCUIT (IC) SEBAGAI APLIKASI DASAR ANALOG DIGITAL PADA ENGINE MANEGEMENT SYSTEM (EMS)

  • Muhlis Rahmanto Politeknik Indonusa Surakarta
  • Onery Andy Saputra Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Analok Digital, Integrated Circuit (IC), LM35

Abstract

Perkembangan teknologi instrumentasi elektronika sekarang mengalami perkembangan yang sangat pesat di masyarakat dan bukan sesuatu hal yang asing lagi. Manusia membutuhkan bantuan dari sesuatu yang dapat bekerja cepat, teliti dan tidak mengenal lelah. Semakin lengkapnya jenisjenis integrated circuit (IC) yang disediakan rangkean digital, peralatan elektronik semakin kecil.
Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengetahui komponen-komponen yaitu kapasitor, resistor, LED IC, PCB, kabel, soket penghubung, sakelar, LDR, LM35, sekering, adaptor. Mengetahui cara mendesain dengan menggunakan auto cad dan proteus. Mengetahui cara kerja media pembelajaran integrated circuit (IC) sebagai aplikasi dasar analog digital dapa engine manejemen sistem (EMS)
Kesimpulan yang dapat di ambil dalam pembuatan alat ini adalah mampu mengetahu komponen, IC AND : 7408, IC OR :7432, IC NOT : 7404, IC NAND : 7400, IC NOR : 7402, IC 7486, IC TIMER 555,mengetahui cara mendesain langkah pertama membuat desain hardware auto cad, langkah kedua membuat desain hardware automatic electric menggunakan aplikasi proteus, dan cara kerja media ini dari arus adaptor ke soket VCC, sekering jika berlebihan arus putus, integrated circuit (IC) 7805 untuk menurunkan tegangan dari 12V ke 5V, kapasitor, saklar, resistor, LED, dan akbel untuk menjemper integrated circuit.

Published
2019-04-13
Section
Articles