PROSEDUR PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM PENGISIAN ISUZU PANTHER LV 2.5

  • Eka Agus Setiawan Politeknik Indonusa Surakarta
  • Onery Andi Saputra Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Sistem Pengisian, Alternator, Baterai, Drive belt, IC Regulator

Abstract

Sistem Pengisian merupakan bagian penting dalam sebuah kendaraan, yang mana sebagai sumber arus listrik saat kendaraan hidup dan mengisi baterai. Maka setiap kendaraan dilengkapi sistem pengisian. Pada kajian ini membahas tentang komponen sistem pengisian Isuzu Panther Lv 2.5, cara kerja sistem pengisian Isuzu Panther Lv 2.5, skeselamatan kerja, serta prosedur perawatan dan perbaikan sistem pengisian pada kendaraan Isuzu Panther Lv 2.5.
Metode pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, Dokumentasi dan Wawancara yang penulis lakukan di bengkel Otomotif Politeknik Indonusa Surakarta, serta Metode Studi Pustaka untuk melakukan kajian-kajian teoritis dengan mencari data melalui buku-buku, internet dan literatur yang berhubungan dengan sistem pengisian isuzu panther lv 2.5.
Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa komponen dari sistem pengisian, yaitu alternator, baterai, regulator, drive belt, kunci kontak, lampu CHG (lampu indikator) dan fuse. Perawatan dan perbaikan pada sistem pengisian yang dilakukan diantaranya pengecekan alternator beserta bagiannya, perawatan baterai, dan pemeriksaan drive belt. Luaran dari kajian ini adalah sebuah buku pedoman prosedur perawatan dan perbaikan sistem Pengisian Isuzu Panther LV 2.5 dan publikasi ilmiah

Published
2019-04-13
Section
Articles