VISUALISASI SISTEM AC MOBIL DENGAN POMPA COMPRESSOR MODEL ROTARY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DAN KETERAMPILAN BAGI SISWA SMK

  • Sudiro Sudiro Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Visualisasi, Sistim AC, Mobil

Abstract

Standar atau parameter pendidikan yang berkualitas adalah ukuran atau barometer yang
digunakan untuk menilai atau mengukur pendidikan dalam rangka mewujudkan suatu pendidikan
yang berkualitas. Kalau kita mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP.) No. 19 Tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan. Standar nasional pendidikan diatas, ada delapan hal yang harus
diperhatikan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, yaitu : (Standar isi, Standar proses,
Standar Kompetensi, Standar pendidik dan tenaga kependidikan, Standar sarana dan prasarana,
Standar pengelolaan, Standar pembiayaan, Standar penilaian pendidikan)
Pendidikan adalah kebutuhan mendasar yang harus di miliki oleh semua elemen masyarakat,
Tidak bisa di pungkiri lagi bahwa suatu negara mustahil bisa berdiri kokoh dan maju tanpa adanya
pendidikan yang baik dan berkualitas yang dimiliki oleh seluruh warga negaranya.
Untuk meningkatkan kwalitas pendidikan dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai di
dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah adanya alat praktek yang tersedia di dalam
laboratorium.
SMK PEMNAS yang mempunyai program studi TKR juga harus mempunya alat praktek untuk
pembelajarannya. Salah satunya untuk pembelajaran sistem AC mobil. Dari latar belakang tersebut
kami Tim TTG dari Politeknik Indonusa Surakarta, bermaksud membuat alat peraga Sistem AC
Mobil sebagai upaya perangsang dan peningkatan semangat bagi calon maupun peserta didik
khususnya bagi siswa SMK.
Sedangkan tujuan dari tujuan dari program Penerapan TTG ini adalah menghasilkan sebuah
model alat peraga sistim pendingin ruang / AC mobil demi meningkatnya kualitas pendidikan
kejuruan.
Dalam pelaksanaan Program Pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) dengan judul
“Visualisasi Sistim AC Mobil dengan Pompa Compressor Model Rotary Sebagai Upaya
Peningkatan Mutu Pendidikan dan Keterampilan Bagi Siswa SMK” dapat berjalan dengan
baik. Setelah dilakukan pembuatan alat TTG serta uji coba alat tersebut maka didapatkan data hasil
sebagai berikut : (Tinggi : 2000 mm, Panjang : 750 mm, Lebar : 500 mm, Penggerak : Motor
Listrik)
Mudah-mudahan hasil Program Pengembangan TTG ini bisa menjadi acuan bagi Sekolah
Kejuruan khususnya SMK untuk program stugi Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dalam
mengembangan proses pembelajaran di bidang teori maupun praktek AC mobil.

Published
2019-11-25
Section
Articles