STUDI KAJIAN TINGKAT KEPUASAN SISWA PROGRAM STUDI TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK PEMBANGUNAN NASIONAL SUKOHARJO TERHADAP SARANA PRASARANA , KINERJA GURU KARYAWAN DAN PROSES PEMBELAJARAN

  • Anista Yulia Ratnawati Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Sarana, Pproses Pembelajaran, Kinerja Guru, Kepuasan Siswa

Abstract

Pendidikan di SMK akan lebih efektif jika mampu merubah anak didik (siswa) sesuai
dengan perhatian, sifat dan tingkat intelegensinya pada tingkat setinggi mungkin, artinya
setelah melakukan pendidikan dan pelatihan para peserta didik meningkat keterampilannya.
Keberhasilan pendidikan harus memperhatikan : (1) Sasaran produk haruslah terdefinisi
secara baik, akurat, dan jelas yang merupakan interaksi yang intens antara sekolah dengan
masyarakat, (2) perlengkapan (sarana dan prasarana) yang dibutuhkan untuk mencapai yang
telah ditetapkan haruslah mencukupi, sehingga merupakan unsur penjamin bahwa sasaran
yang telah ditetapkan dapat dicapai secara baik, (3) spesifikasi tim sukses atau tim pelaksana
program yang akan bertanggung jawab terhadap keberhasilan sasaran haruslah lengkap dan
jelas, (4) penelitian atau pengkajian terus menerus dan berkesinambungan agar dapat
diketahui, sehingga langkah perbaikan dan penanggulangan dapat ditetapkan segera.
Standar nasional pendidikan ini berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan
pengawasan, pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu. Juga
bertujuan untuk menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa
dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat.
Ketatnya persaingan di lembaga pendidikan khususnya di tingkat SMK memaksa pengelola
harus profesional dalam pengelolaan. Lembaga pendidikan SMK yg dikelola dengan penuh
keterbatasan akan ditinggalkan konsumen. Karena ketat dalam persaingan, masing-masing lembaga
pendidikan baik swasta maupun negeri selalu berusaha memberikan pelayanan terpadu yang terbaik.
Semakin tinggi tingkat persaingan dan semakin banyak lembaga pendidikan yang ada, maka
pelanggan atau calon siswa memiliki semakin banyak pilihan untuk menentukan lembaga pendidikan
yang terbaik
Secara umum tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui tentang “Studi Kajian Tingkat
Kepuasan Siswa Program Studi Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Pembangunan Nasional
SukoharjoTerhadap Sarana Prasarana ,Kinerja Guru Karyawan dan Proses Pembelajaran”. Sedangkan
secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sarana
prasarana terhadap kepuasan siswa, pengaruh proses pembelajaran terhadap kepuasan siswa dan
pengaruh kinerja guru karyawan terhadap kepuasan siswa Program Studi Teknik Kendaraan Ringan
(TKR) di SMK Pembangunan Nasional Sukoharjo.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian di hasil sebagai berikut : (1) terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan dari sarana terhadap kepuasan siswa program studi TKR di SMK Pembangunan
Nasional Sukoharjo, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari proses pembelajaran
terhadap kepuasan Siswa di SMK Pembangunan Nasional Sukoharjo, (3) terdapat pengaruh yang
positif tetapi tidak signifikann dari kinerja Guru terhadap kepuasan Siswa di SMK Pembangunan
Nasional Sukoharjo.

Published
2019-11-27
Section
Articles