STUDI KAJIAN TENTANG FENOMENA COLLAPSE DAN BUCKLING PADA RANGKA BODI MOBIL

  • Didik Sugiyanto Politeknik Indonusa Surakarta
  • Sudiro Sudiro Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: impact, buckling, collapse

Abstract

Kondisi yang sering terjadi pada rangka sebuah kendaraan khususnya pada mobil adalah benturan atau tabrakan dengan benda lain, contoh kerusakan tersebut adalah pada rangka atau casis untuk itu diperlukan desain rangka yang mampu menyerap energi benturan. Dalam penelitian ini difokuskan pada rangka dengan sudut 15?, 30?, dan 45?. Hal ini berdasarkan pada studi lapangan bahwa kendaran terutama mobil untuk angkutan ringan memiliki sudut rangka antara 15? sampai dengan 45?.
Karakteristik material sangat dipengaruhi oleh nilai kekakuan dari material tersebut sehingga dalam memilih material perlu diperhatikan properties materialnya. Untuk mendapatkan propertis material yang disesuaikan dengan kondisi eksperimen dapat dilakukan uji tarik dan uji tekan. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian tekan untuk mengetahui kekuatan pada rangka.
Dari pengujian ini didapatkan gaya maksimal pada sudut 15? adalah 569,76 kg pada jarak 16 mm, sudut 30? adalah 370,3 kg pada jarak 15 mm, sudut 45? adalah 391,71 kg pada jarak 28 mm. Setelah mencapai gaya maksimal maka rangka akan terjadi collapse, diikuti dengan penurunan beban pada jarak berikutnya. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai energi regangan yang paling besar terjadi pada sudut 15?. Sehingga diketahui bahwa rangka dengan sudut 15? menghasilkan tingkat keamanan yang paling baik. Selanjutnya setelah dilakukan simulasi komputerisasi diketahui bahwa ada korelasi antara program simulasi dengan hasil eksperimen

Published
2019-04-13
Section
Articles