PENGARUH UKURAN PULI DAN PENAMBAHAN JUMLAH LILITAN SPOEL PADA ALTERNATOR KONVENSIONAL TERHADAP VOLTAGE YANG DIHASILKAN

  • Rohmad Subodro
Keywords: beban kelistrikan,, modifikasi penambahan lilitan alternator

Abstract

Penelitian sistem pengisian difokuskan pada alternator guna mengatasi kekurangan
suplay pengisian yang diakibatkan terlalu banyak beban kelistrikan. Eksperimen ini
mencari pengaruh yang ditimbulkan yang diakibatkan dengan menggunakan beberapa
variasi, dengan mengganti ukuran puli yang lebih kecil dan menambahkan jumlah lilitan
pada alternator. Pengambilan data dengan cara membandingkan hasil Voltage pengisian
pada kendaraan standart sebelum dipasang dengan bahan eksperimen. Berikutnya
diperoleh data hasil eksperimen. Hasil yang diperoleh ketika puli diganti yang lebih kecil
adalah putaran pada kondisi stasioner mendapatkan putaran yang cukup cepat. Hal ini
dapat mengatasi ketika kendaraan terjebak macet dan membutuhkan arus pengisian yang
besar. Namun akan mengalami kendala pada putaran tinggi arus yang dihasilkan terlalu
besar yang dapat mengakibatkan overcharge. Eksperimen selanjutnya adalah dengan
menggulung lilitan dari kondisi standart ditambahkan 2 kali lilitan. Eksperimen ini
menghasilkan voltage sama namun ampere yang lebih besar sehingga sangant cocok jika
kendaraan menanggung beban kelistrikan yang besar akibat penambahan bermacam
macam asesories, seperti AC lampu dan audio video. Pada kendaraan standart hal ini tidak
perlu dilakukan karena standart pabrik telah cukup mampu mensuplai seluruh kebutuhan
kelistrikan. Namun keyataan pada masyarakat kita yang gemar menambahkan asesoris
berlebihan menjadikan kondisi sistem pengisian menjadi berat dan perlu dilakukan
penambahan tegangan.

Published
2019-11-27
Section
Articles