MODIFIKASI SISTEM PENDINGINAN (SIRIP DAN AIR) PADA SALURAN PELUMAS SEPEDA MOTOR

  • Taufiq Hidayat
Keywords: Oli, Sirip, Air, Efisiensi, Sepeda Motor

Abstract

Fungsi oli adalah sebagai pelumas pada komponen-komponen mesin agar tidak terjadi gesekan, selain berfungsi sebagai pelumas oli juga berfungsi sebagai media pendingin kendaraan bermotor meskipun prosentasenya cukup kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi oli sebagai pendinginan komponen mesin selain itu dampak dari suhu oli yang terjaga maka umur pakai akan lebih lama. Manfaat dari peneliitian ini adalah sebuah informasi kepada para pengguna pemakai sepeda motor dalam usaha meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar. Untuk melaksanakan penelitian ini dilakukan dengan tahapan penentuan variabel, persiapan bahan, pembuatan media penelitian, setting alat pada sepeda motor, pengambilan data dan kesimpulan. Pengambilan data dilakukan dengan dua jenis alat pendinginan, sepeda motor dipakai untuk jalan lurus dan menanjak, kecepatan sepeda motor dengan 3 variasi. Hasil dari penelitian ini berupa laporan penelitian dan artikel ilmiah. Kesimpula dari penelitian ini adalah sepeda motor mempergunakan oil cooler bersirip, motor berjalan dengan kecepatan 30 km/j-50 km/j pada jalan lurus berbelok tingkat penurunannya mencapai 38% sedangkan dengan oil cooler tanpa sirip mencapai 20.93%. Pada jalan menanjak dengan kecepatan 30 km/j-50 km/j mempergunakan oil cooler bersirip mencapai 30.77% dan tanpa sirip 11.54%.

Published
2019-11-27
Section
Articles