ANALISIS PENGGUNAAN CDI DUAL BAND DAN VARIASI BAHAN BAKAR TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR YAMAHA XEON 125

  • Toni Setiawan R. Irlanto Sudomo
Keywords: CDI, CDI Dual Band, Bahan Bakar, Konsumsi Bahan Bakar

Abstract

Pembakaran dalam ruang bakar adalah hal yang sangat menentukan besarnya tenaga
dan tingkat pemakaian bahan bakar pada kendaraan. Hal yang mempengaruhi konsumsi bahan
bakar ialah jenis bahan bakar dan sistem pengapian. Saatpengapian (iqnitiontiming) dan
pembakaran yang sempurna membuat tenaga meningkat dan konsumsi bahan bakarmenjadi
lebih irit. Salah satu komponen penting sistem pengapian ialah CDI (Capacitance Dishcharge
Ignition), yang mengatur pengapian secara elektronik. Kelemahan dari system pengapian ini
adalah arus yang dihasilkan berasal dari baterai dan adanya limiter sebagai pembatas putaran
mesin. Adanya CDI non-limiter, yakni CDI Dual Band diharapkan mampu menghasilkan
pengapian tepat sehingga campuran bahan bakar tersebut dapat terbakar dengan sempurna.
Metode dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen,
eksperimen yang digunakan ialah desain faktorial 4x3. Eksperimen ini melibatkan dua faktor,
f aktor A (bahan bakar) dengan4taraf,yaitu premium, pertalite, pertamax, dan pertamax turbo.
SedangkanfaktorB( p e n g g u n a a n C D I ) terdiri3tarafyaituCDI standar dan CDI Dual Band
Kurva I, dan CDI Dual Band Kurva II. Pada penelitian ini, metode pengukuran bahan bakar
yang digunakan yaitu metode volumetrik, yakni bahan bakar ditempatkan dalam burrete(gelas
ukuran) dan dari burreteini bahan bakar yang dikunsumsi selama selang waktu tertentu dicatat.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Ada perbedaan konsumsi bahan bakar sepeda motor
Yamaha Xeon 125 dengan menggunakan CDI Dual Band dan variasi bahan bakar, hal ini
dibuktikan dengan hasil pengujiaan hipotesis Uji Kruskal-Wallis dengan bantuan softwere IBM
SPSS 24, yakni Statistik Hitung > Statistik Tabel, 34,784 > 24,725 dan Sig. 0,00 < 0,01maka
H0 yang menyatakan “tidak ada perbedaan konsumsi bahan bakar sepeda motor Yamaha Xeon
125 dengan menggunakan CDI Dual Band dan variasi bahan bakar” ditolak. (2) Berdasarkan
hasil analisis deskriptif untuk rata-rata konsumsi bahan bakar, maka perpaduan CDI dengan
bahan bakar yang menghasilkan konsumsi bahan bakar paling irit ialah CDI Dual Band Kurva
II dengan Premium, kemudian disusul CDI Dual Band Kurva I dengan Premium, CDI Dual
Band Kurva II dengan Pertalite, CDI Standar dengan Pertamax, CDI Dual Band Kurva I
dengan Pertamax, CDI Dual Band Kurva I dengan Pertalite, CDI Standar dengan Pertalite, CDI
Dual Band Kurva I dengan Pertamax Turbo, CDI Dual Band Kurva II dengan Pertamax, CDI
Standar dengan Premium, CDI Standar dengan Pertamax Turbo, dan terakhir CDI Dual Band
Kurva II dengan Pertamax Turbo.

Published
2019-11-28
Section
Articles