UPAYA EFISIENSI DAN PENINGKATAN PRODUKSI MELALUI RANCANG BANGUN ALAT OVEN PENGERING KERAMIK “GERABAH” MODEL VERTIKAL ROTARI

  • Sudiro Sudiro Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Gerabah, Pengering, Vertical Rotari

Abstract

Gerabah merupakan kerajianan yang berasal dari tanah liat yang melalui beberapa tahap dibentuk menjadi bermacam-macam barang kebutuhan rumah tangga seperti kendi, gentong, kwali, celengan, vas bunga dan lain-lain. Selama ini kendala yang dihadapi usaha ini adalah masalah peralatan yang digunakan. Dimana alat yang digunakan masih manual (tradisional) . Salah satunya adalah masalah pengeringan bahan setengah jadi (sebelum dibakar). Dimana pengeringan gerabah sebelum dibakar selama ini masih mengandalkan sinar matahari, dimana pengeringan yang dihasilkan kurang optimal apalagi pada musim penghujan, sehingga bisa menganggu produksi.
Dari permasalahan diatas diperlukan bantuan teknologi proses pengeringan untuk mendukung kelancaran produksi sehingga bisa memenuhi permintaan pasar. Dari kenyataan tersebut dengan pertimbangan harga alat yang digunakan tidak sebesar harga pengering modern buatan pabrik . Maka industri mitra dengan tim pelaksana berupaya mengatasi masalah yang dihadapi dengan membuat rancang bangun Alat Oven Pengering Gerabah System Rotari Vertikal yang harganya terjangkau dan mudah dalam pengoperasian dan perawatan. Sehingga bisa digunakan oleh mitra binaan yaitu usaha kerajinan gerabah
Dari hasil rancang bangun mesin pengering dengan sistem vertikal rotari dimana mesin ini mempunyai spesfikasi (panjang : 1500 mm, lebar : 1500 mm, tinggi : 2000 mm, apasitas : 10 Buah/rak tergantung besar kecilnya bahan keramik gerabah yang di keringkan, penggerak : Motor listrik 1/4 HP, pemanas : Kompor gas/minyak/kayu bakar.
Dari hasil uji coba didapatkan bahwa lama pengeringan dengan mesin ini lebih singkat yaitu hanya 1 jam dengan suhu stabil 60ºC. Sehinga bisa disimpulkan mesin ini sangat membantu sekali pada proses pengeringan, karena lebih cepat, sehingga waktu yang lainnya bisa digunakan untuk proses yang lain.

Section
Articles