PERBANDINGAN KARAKTERISTIK BAHAN BAKAR MINYAK DENGAN BAHAN BAKAR GAS PADA MESIN BENSIN

  • Onery Andy Saputra Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Bensin, Minyak, Gas, Motor, Perbandingan

Abstract

Mengingat jumlah bahan bakar gas yang tersedia di Indonesia saat ini sangat berlimpah, maka tidak menutup kemungkinan bahan bakar gas adalah bahan bakar alternatif yang memungkinkan untuk diaplikasikan di Indonesia dibanding dengan bahan bakar yang lain. Selain ketersediaan bahan yang sangat berlimpah, aplikasi/ konversi bahan bakar minyak menjadi bahan bakar gas pada mesin bensin tidak memerlukan banyak perubahan yang dilakukan pada mesin. Kelebihan ini yang mendukung bahan bakar gas sangat potensial untuk dikembangkan di Indonesia. Berdasarkan uraian di atas maka dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut. 1) Bagaimana karakteristik bahan bakar minyak yang diaplikasikan pada motor bakar bensin. 2) Bagaimana karakteristik bahan bakar gas yang diaplikasikan pada motor bakar bensin. 3) Bagaimana perbedaan karakteristik antara bahan bakar minyak dan bahan bakar gas apabila diaplikasikan pada motor bakar bensin.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode trail an eror. Metode trail and error adalah metode yang digunakan untuk memperoleh data dengan cara mencoba dan mencoba sampai dengan percobaan yang sesuai dengan yang diharapkan.Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik deskriptif kualitatif Penelitian ini akan dilakukan di bengkel Mesin Otomotif Politeknik Indonusa Surakarta. Sepeda motor Supra Fit sebagai objek penelitiannya. Desainpenelitian yang direncanakan secara garis besar dapat diuraikan sebagai berikut: 1) Persiapan peralatan dan bahan yang akan diteliti. 2) Melakukan percobaan bahan bakar minyak pada mesin bensin. 3) Melakukan percobaan bahan bakar gas pada mesin bensin. 4) Membuat analisis perbandingan karakteristik bahan bakar gas dengan bahan bakar bensin apabila diaplikasikan pada motor bakar 4 langkah.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa, 1) Karakteristik bahan bakar gas yaitu : Jumlah udara yang diperlukan sedikit.Perlu ukuran lubang masuk udara yang tepat.Panas yang dihasilkan dari pembakaran besar,perlu pendingin mesin yang banyak. 2) Karakteristik bahan bakar minyak yaitu:Jumlah udara yang untuk proses pembakaran 1 : 14,7Ukuran main jet harus sesuai dengan kebutuhan mesin.Panas yang dihasilkan stabil Pendingin mesin cukup dengan yang sudah ada. 3) Perbedaan karakteristik bahan bakar gas dengan bahan bakar minyak adalah :Perbedaan jumlah udara yang dibutuhkan mesin lebih sedikit.Ukuran main jet/saluran masuk gas ke mesin harus lebih besar. Panas yang dihasilkan pada bahan bakar gas lebih besar.

Published
2019-04-13
Section
Articles